Ponsel Dapat Bikin Gemuk?

women-connect-asia.com– Meskipun dapat memperlihatkan aneka macam manfaat dan akomodasi bagi kegiatan sehari-hari, banyak orang yang menganggap ponsel terpelajar sebagai salah satu penyebab utama dari kenaikan berat tubuh atau duduk kasus obesitas. Sebenarnya, apakah memang ponsel dapat menjadikan dampak ini?

Kaitan antara penggunaan ponsel dengan berat badan

Seorang peneliti dari Rice University, Houston, Amerika Serikat berjulukan Richard Lopez menemukan fakta bahwa secara tidak langsung, penggunaan ponsel memang bertanggung jawab pada kenaikan berat badan. Hanya saja, yang ia maksud yaitu jikalau kita tetap memainkan ponsel dikala sedang makan. Sayangnya, semakin banyak orang yang sekarang melaksanakan hal ini.

Dalam penelitiannya, 132 partisipan dengan usia 18 hingga 23 tahun dilibatkan. Mereka diminta untuk menjawab survey yang memperlihatkan seberapa sering menggunakan ponsel dikala melaksanakan kegiatan lainnya menyerupai makan. Selain itu, mereka juga dicek kecenderungan untuk teralihkan dengan ponsel dikala melaksanakan hal-hal yang bahwasanya lebih utama.

Selain itu, sekitar 72 partisipan diminta untuk melaksanakan scan MRI otak sambil melihat gambar dengan serius, yakni gambar yang memperlihatkan makanan yummy tinggi kalori yang jikalau dikonsumsi dapat benar-benar meningkatkan berat badan. Hasilnya adalah, terjadi peningkatan kegiatan di otak yang terkait dengan nafsu makan.

Lopez menyebut mereka yang sering makan sambil menikmati ponsel cenderung tidak dapat mengendalikan dirinya, baik dalam hal menjaga porsi makan atau menentukan hidangan makanan yang tepat. Mereka bahkan dapat mengonsumsi makanan tinggi kalori dalam jumlah yang banyak hanya dalam satu kali makan.

Selain itu, terlalu sering menggunakan ponsel juga menciptakan otak kesulitan untuk menahan godaan untuk mengonsumsi makanan atau kudapan yang yummy namun berpotensi menjadikan kenaikan berat badan. Jika hingga kita menurutinya, maka risiko untuk terkena obesitas pun akan naik dengan signifikan.

Berbagai dampak jelek ponsel bagi kesehatan

Pakar kesehatan menyebut penggunaan ponsel yang berlebihan dapat menjadikan dampak kesehatan yang tidak dapat disepelekan.

Berikut yaitu dampak-dampak jelek tersebut.

Bisa merusak penglihatan

Terlalu sering menggunakan ponsel dapat menciptakan kita lebih jarang berkedip. Hal ini akan berimbas pada munculnya duduk kasus mata kering. Jika hal ini sering terjadi, maka mata akan lebih rentan terkena peradangan dan infeksi.

Pakar kesehatan Allon Barsam dari Luton and Dunstable University Hospital menyebut hobi menggunakan ponsel dengan berlebihan dapat meningkatkan risiko rabun. Karena alasan inilah mereka yang berusia 3 hingga 7 tahun sebaiknya dibatasi penggunaan ponselnya maksimal 30 menit saja setiap hari. Selain itu, bagi orang dewasa, kebiasaan menggunakan ponsel dengan berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena presbyopia.

Bisa merusak tulang belakang

Tak disangka, berlebihan menggunakan ponsel juga dapat menjadikan kerusakan tulang belakang, lho. Hal ini disebabkan oleh berubahnya postur tubuh dengan signifikan. Pakar kesehatan Kirsten Lord menyebut berlebihan menggunakan ponsel dapat memicu sakit leher dan sakit pundak. Bahkan, jikalau postur tubuh kita sangat jelek menyerupai sering menunduk, saraf-saraf dan tulang belakang dapat mengalami kerusakan.

Bisa mensugesti kecantikan

Sering menunduk demi memainkan ponsel dapat menciptakan kulit wajah melorot. Hal ini tentu akan menjadikan penuaan dini yang mensugesti kecantikan tubuh dengan signifikan.

Berpotensi menjadikan datangnya kanker

Pakar kesehatan menyebut kaitan antara radiasi ponsel dengan risiko kanker masih menjadi perdebatan banyak ahli. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut hal ini memang sangat mungkin terjadi, apalagi jikalau kita terlalu sering menggunakannya, termasuk jikalau meletakannya di akrab dengan tubuh dikala tidur.