15 Penyebab Cepat Lelah Dan Cara Mengatasinya

women-connect-asia.com – Tidak mempunyai acara fisik yang tinggi tetapi gampang lelah? Perlu ketahui bahwa acara fisik yang padat bukanlah satu-satunya penyebab cepat lelah. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab gampang lelah. Oleh lantaran itu, ketahuilah berbagai penyebab badan cepat lelah dan cara mengatasinya.

Penyebab Cepat Lelah dan Cara Mengatasinya

Penyebab gampang lelah dapat dikategorikan menjadi empat jenis, yaitu penyebab yang bersifat medis, penyebab terkait gaya hidup, penyebab dari lingkungan produktivitas (kantor atau sekolah), dan penyebab psikis (seperti emosional dan dilema hidup).

Inilah beberapa penyebab cepat lelah beserta cara mengatasinya:

1. Anemia

Anemia yaitu penyebab medis yang seringkali menciptakan penderitanya cepat merasa lelah. Biasanya, yang sering mengalami anemia yaitu kaum hawa lantaran bersahabat kaitannya dengan siklus menstruasi berat, tumor fibroid rahim, atau polip uterus.

Selain merasa lelah, penderita anemia juga akan mencicipi tanda-tanda lain ibarat sakit kepala ata pusing, kedinginan, emosi tidak stabil, dan lainnya. Kondisi anemia umumnya disebabkan lantaran kurangnya asupan zat besi dan vitamin B (asam folat dan kobalamin).

Cara mengatasinya: menerapkan contoh diet cukup zat besi dan vitamin B; mengonsumsi komplemen zat besi dan multivitamin.

2. Alergi

Penyebab gampang lelah secara medis yang umum terjadi yaitu alergi. Jenis alergi yang sering menjadikan badan cepat lelah yaitu rinitis alergi dan alergi makanan. Jika Anda mengalami alergi tersebut, jangan khawatir lantaran kondisi ini gampang diatasi.

Cara mengatasinya: hindari penyebab alergi ibarat debu, kuliner atau minuman tertentu, obat tertentu, dan lainnya.

3. Fibromyalgia

Jangan heran kalau para wanita lebih sering gampang lelah dibanding laki-laki. Selain anemia, tidak sedikit kaum hawa juga mengalami fibromyalgia. Penderita fibromyalgia sering merasa cepat lelah di siang hari dan enggan berolahraga.

Cara mengatasinya: menggunakan obat-obatan ibarat tramadol, paroxetine, gabapentin, dan obat penenang; fisioterapi; dan konsultasi psikologis

4. Penyakit Jantung

Efek dari penyakit jantung ternyata dapat menciptakan badan cepat lelah. Penyebab cepat lelah yang satu ini juga bersahabat kaitannya dengan gaya hidup. Segeralah mengobatinya kalau Anda juga mempunyai penyakit jantung lantaran komplikasinya cukup berat.

Cara mengatasinya: perbaikan gaya hidup; terapi obat-obatan; dan operasi bypass jantung.

5. Rheumatoid arthritis

Timbulnya peradangan juga dapat menjadi penyebab badan cepat lelah. Salah satu jenis peradangan badan yang sering menjadikan badan cepat lelah adalah Rheumatoid Arthritis atau dikenal juga dengan istilah radang sendi.

Cara mengatasinya: rheumatoid arthritis dapat diatasi dengan fisioterapi; penggunaan obat-obatan AINS (Anti-Inflamasi Non Steroid)

6. Masalah tidur

Orang cukup umur yang cepat lelah juga dapat dikarenakan dilema tidur. Beberapa dilema tidur yang mungkin terjadi ibarat kurang tidur, banyak tidur, contoh tidur tidak teratur, dan susah tidur atau insomnia.

Cara mengatasinya: perbaikan contoh dan durasi tidur; hindari gangguan tidur

7. Pola diet yang buruk

Memiliki contoh diet yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab gampang lelah. Pola diet yang jelek ibarat diet tinggi rendah protein, diet rendah karbohidrat, atau diet rendah energi dapat menciptakan badan cepat lelah lantaran kurang asupan gizi.

Cara mengatasinya: menerapkan contoh diet sehat (asupan bergizi dan berimbang)

8. Jarang olahraga

Aktivitas fisik yang sangat tinggi memang dapat memicu badan cepat lelah. Akan tetapi, ini tidak berarti Anda tidak perlu berolahraga. Ini keliru lantaran tidak atau jarang berolahraga malah dapat menciptakan badan cepat lelah.

Cara mengatasinya: lakukan olahraga secara teratur dan cukup

9. Kecanduan alkohol dan narkotika

Penyebab cepat lelah juga dapat dikarenakan kecanduan alkohol atau narkoba. Hal ini dikarenakan efek penyalahgunaan zat-zat terlarang tersebut menciptakan sistem saraf terganggu yang jadinya merusak contoh tidur dan nafsu makan.

Cara mengatasinya: rehabilitasi alkohol atau rehabilitasi napza

10. Beban pekerjaan yang usang dan berat

Umumnya, orang akan merasa lelah setelah pulang kerja. Hal tersebut masih masuk akal dan dapat dimaklumi. Namun, bagaimana kalau Anda sudah merasa lelah padahal masih jam kantor?

Jika Anda sering cepat lelah di kantor, dapat jadi itu lantaran beban kerja Anda cukup berat baik fisik maupun pikiran. Selain itu, dapat juga lantaran tekanan di kantor, tidak ada shift atau jam kerja yang terlalu lama.

Cara mengatasinya: konsultasikan dengan atasan; pindah kerja ke kantor yang lebih manis budaya kerjanya

11. ‘Gila’ kerja

Terkadang, ada beberapa orang yang memang ‘gila’ bekerja meskipun tidak ada tuntutan di kantornya. Tanpa disadari, hal tersebut dapat menjadi penyebab cepat lelah. Terlalu banyak bekerja termasuk atas keingnan sendiri dapat menciptakan hidup tidak seimbang.

Kondisi tersebut dapat menciptakan Anda jarang olahraga, lupa makan atau makan tidak teratur, kurang tidur, kurang interaksi sosial, dan kurang hiburan (stres) yang semuanya dapat memicu badan cepat lelah.

Cara mengatasinya: mengatur porsi dan agenda kerja

12. Jobless

Mudah lelah juga kerap dialami oleh pengangguran. Mungkin Anda galau mengapa orang yang sedang menganggur juga dapat cepat lelah padahal tidak mempunyai tuntutan kerja. Hematnya, penyebab ini terkait dengan faktor psikologis yang dapat berdampak pada stres, depresi, atau frustasi.

Cara mengatasinya: mengatur pikiran semoga tetap baik; melaksanakan acara produktif; memunculkan motivasi internal semoga tidak putus asa mencari kerja; menepis opini negatif

13. Merasa gagal di sekolah/kampus

Para pelajar dapat saja merasa gampang lelah terutama pelajar yang merasa gagal di sekolah  atau kampus baik nilai yang jelek maupun gagal ujian. Biasanya, pelajar dengan kondisi tersebut akan mengalami kecemasan, stres, dan depresi yang memicu kelelahan kronis.

Cara mengatasinya: administrasi pikiran; berkonsultasi dengan psikolog di sekolah/kampus; menentukan jurusan yang sesuai dengan talenta dan minat

14. Ditinggal orang yang dicintai

Kehilangan orang yang sangat dicintai ibarat orang tua, pasangan, atau anak juga dapat menjadi penyebab cepat lelah. Kesedihan dan kesepian yang cukup berat dan berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan psikis ibarat stres dan depresi.

Cara mengatasinya: berusaha senang dengan keluarga yang masih hidup; melaksanakan acara atau hobi semoga pikiran teralihkan

15. Pasca persalinan

Pernahkah Anda mendengar bahwa sindrom baby blues atau depresi postpartum? Kedua kondisi tersebut menimpa para wanita yang telah melahirkan dan berakibat pada ketidakseimbangan kondisi mental dan memicu badan cepat lelah.

Cara mengatasinya: penyebab cepat lelah yang satu ini dapat diatasi dengan menenangkan diri; contoh diet sehat; contoh tidur teratur; melaksanakan olahraga nifas

Itulah beberapa penyebab badan cepat lelah dan cara mengatasinya. Kira-kira, penyebab manakah yang Anda alami? Segeralah mengatasi penyebab tersebut. Sebaiknya, lakukan konsultasi dengan dokter semoga lebih pasti!

 

 

Sumber:

BetterHealth: Fatigue. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/fatigue [diakses pada 17 Juni 2019]WebMD: How Tired Is Too Tired? https://www.webmd.com/balance/how-tired-is-too-tired#5  [diakses pada 17 Juni 2019]