11 Manfaat Teh Putih Untuk Tubuh, Lebih Baik Dari Teh Hijau Dan Teh Hitam?

women-connect-asia.com – Teh terbagi menjadi aneka macam macam jenis. Selain teh hijau dan teh hitam, terdapat juga teh putih yang bisa kita nikmati. Berbagai manfaat teh putih terkait kesehatan dan kecantikan bisa Anda rasakan. Bahkan teh putih disebut-sebut mempunyai manfaat yang lebih besar dibandingkan teh hitam dan teh hijau. Apakah benar? Simak kebenarannya dalam artikel ini!

Apa Itu Teh Putih?

Teh putih dibentuk dari tumbuhan Camellia sinensis. Tanaman ini intinya sama dengan tumbuhan untuk menciptakan teh hijau dan teh hitam. Hanya saja, pilihan jenis daun dan kuncup serta proses pembuatannya lah yang menciptakan teh putih berbeda.

Teh putih dibentuk dari daun dan kuncup yang masih muda dan belum benar-benar terbuka. Teh putih melewati paling sedikit pemrosesan dan tidak dioksidasi menyerupai jenis teh lainnya. Hal ini lalu menghasilkan teh yang bukan hanya warnanya yang berbeda, tapi mempunyai rasa yang juga berbeda.

Teh putih dikenal mempunyai rasa yang lebih ringan dan sedikit manis jikalau dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Selain itu, lantaran tidak melewati banyak pemrosesan, teh putih juga dianggap sebagai jenis teh yang kandungan antioksidannya paling tinggi.

Manfaat Teh Putih

Secara umum teh memang dikenal mempunyai banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan sampai untuk kecantikan. Teh putih yang kandungan antioksidannya lebih tinggi tentu juga mempunyai manfaat yang tidak kalah dengan jenis teh lainnya. Berikut yaitu manfaat teh putih untuk tubuh:

1. Sumber antioksidan

Tubuh membutuhkan asupan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kerusakan sel tubuh.

Teh putih banyak mengandung senyawa polifenol yang disebut dengan katekin. Senyawa ini sanggup bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Beberapa penelitian mengatakan bahwa manfaat teh putih sebagai antioksidan tidak kalah dengan teh hijau yang sudah lebih banyak lagi dikenal mempunyai manfaat untuk kesehatan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat teh putih untuk diet juga bisa jadi sama efektifnya dengan teh hijau.

Hingga kini, kebanyakan orang akan menentukan teh hijau sebagai pilihan utama untuk menurunkan berat badan. Jika tidak menyukai teh hijau, teh putih mungkin bisa menjadi alternatif Anda untuk menurunkan berat badan.

Kandungan kafein dan katekin yang ada dalam teh hijau dan teh putih sanggup membantu mengkremasi lemak dalam tubuh. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa teh putih sanggup meningkatkan metabolisme tubuh 4-5%.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung yaitu salah satu penyakit penyebab janjkematian terbanyak di dunia.

Penyebab penyakit jantung bermacam-macam dan sering kali dikaitkan dengan aneka macam faktor menyerupai contoh makan, gaya hidup, olahraga, dan kebiasaan merokok. Manfaat teh putih untuk kesehatan yaitu untuk menurunkan risiko penyakit jantung dengan beberapa cara.

Berbagai penelitian menemukan bahwa teh putih sanggup membantu mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan kekebalan tubuh, sampai mencegah oksidasi kolesterol LDL,

4. Menurunkan risiko penyakit kanker

Selain menurunkan risiko kanker, manfaat teh putih untuk kesehatan lainnya yaitu menurunkan risiko kanker yang juga merupakan jenis penyakit yang perlu diwaspadai.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa ekstrak teh putih sanggup menekan beberapa jenis sel kanker dan menghentikan penyebarannya. Antioksidan yang terkandung dalam teh putih juga sanggup membantu melindungi sel normal dan mencegah kerusakan.

5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Masalah gigi dan verbal paling umum disebabkan oleh kuman dan hal ini bisa dicegah berkat teh putih.

Kandungan teh putih menyerupai fluoride, katekin, dan tanin yaitu yang mempunyai tugas untuk manfaat yang satu ini. Ketiga zat ini diketahui bisa untuk melawan kuman yang sanggup menyebabkan pembentukan plak di gigi.

6. Mencegah osteoporosis

Seiring dengan berjalannya usia, kepadatan tulang sanggup menurun dan menyebabkan osteoporosis.

Sel yang berperan dalam pertumbuhan tulang sanggup digantikan dengan sel yang memecah tulang akhir dari peradangan kronis dan paparan radikal bebas. Kedua faktor ini sanggup dicegah dan diatasi oleh katekin yang banyak terkandung dalam teh putih.

7. Mencegah resistensi insulin

Resistensi insulin yaitu kondisi di mana tubuh tidak merespons insulin dengan baik atau berhenti merespons insulin.

Resistensi insulin sanggup dipicu oleh beberapa kondisi kronis menyerupai diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan penyakit jantung. Selain itu, konsumsi gula yang tinggi juga diketahui sanggup memicu kondisi ini.

Senyawa katekin jenis epigallocatechin gallate (EGCG) dan beberapa jenis polifenol lainnya sanggup membantu menurunkan risiko resistensi insulin. Senyawa-senyawa ini membantu mencegah kadar gula tinggi dan meningkatkan imbas insulin.

8. Menjaga kesehatan otak

Manfaat teh putih untuk kesehatan selanjutnya yaitu sanggup menjaga kesehatan otak.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang mengatakan bahwa ekstrak teh putih sanggup membantu melindungi sel-sel otak dari toksisitas dan stres oksidatif. Manfaat ini menciptakan teh putih baik untuk mencegah beberapa penyakit menyerupai penyakit Parkinson dan Alzheimer.

9. Meningkatkan kesehatan reproduksi

Beberapa penelitian mengatakan salah satu manfaat teh putih yaitu sanggup meningkatkan kesehatan reproduksi dan kesuburan, terutama pada pria.

Penelitian pada binatang yang dilakukan di Portugal mengatakan bahwa ekstrak teh putih sanggup mencegah kerusakan oksidatif testis yang disebabkan oleh radikal bebas dan sanggup membantu menjaga kualitas sperma.

10. Meningkatkan kesehatan hati

Kandungan katekin dalam teh putih ternyata juga bermanfaat untuk melindungi hati.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa katekin sanggup membantu jerawat hepatitis B. Penelitian lain juga mengatakan bahwa katekin sanggup menghalangi siklus hidup virus hepatitis B. Namun perlu diingat juga bahwa konsumsi katekin berlebihan juga sanggup menjadi racun bagi hati.

11. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat teh putih untuk kecantikan yang paling terkenal yaitu sanggup membantu mencegah penuaan dini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teh putih mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Radikal bebas menyerupai sinar UV dan paparan polusi merupakan salah satu faktor utama penyebab penuaan dini. Maka dari itu, tubuh membutuhkan antioksidan untuk mencegah terjadinya penuaan dini tersebut.

Itu ia aneka macam manfaat teh putih untuk tubuh. Sebagian manfaat tersebut memang sudah dibuktikan dengan penelitian, namun masih harus dilakukan lebih banyak lagi penelitian pada insan untuk pertanda efektivitas teh ini.

Konsumsi teh putih secara rutin baik untuk kesehatan, namun harus tetap diubahsuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh setiap orang yang tentunya berbeda-beda.